`

Saturday, May 19, 2007

Tahap II - Basic Blogging

Tahap II - Basic Blogging

Oke buat mulai ngeblog, kamu perlu sedikit ngerti tentang HTML. HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa yang bisa dibaca sama semua Browser kayak Internet Explorer, Netscape, Opera atau Mozilla. Sederhananya, setiap halaman website yang kamu buka tuh adalah satu file HTML, berarti satu file dengan ekstension html atau htm, misalnya filegue.html atau filegue.htm.

Saat ini HTML udah nyampe versi 4.01, dan buat kamu yang pengen belajar serius bisa mulai dari sini, dan yang pengen baca-baca tutorial lengkap yang ga terlalu susah bisa baca ini, ini atau ini.

Oke tapi buat mulai ngisi blog kamu sih ga terlalu susah. Kamu perlu ngerti HTML, tapi ga terlalu banyak, cukup dasar-dasarnya aja.

  1. Struktur HTML, kamu udah tau kalo satu halaman website umumnya adalah satu file HTML, nah satu file HTML ini, isinya sebenernya file *.txt (text) yang bisa kamu buka di Notepad, Wordpad atau Microsoft Word, yang kayaknya sih pasti ada di komputer kamu. Kalo kamu iseng dari browser IE kamu kamu liat "View" diatas, trus ke "Source" nah bakal keliatan deh kode html-nya halaman ini. Struktur dasar dari satu file html adalah:








    ....
    ....
    ....




  2. Nah kalo kamu perhatiin, kamu bakal liat kalo setiap elemen, diatas selalu "dibuka" dan kemudian "ditutup" lagi dengan html tag. Setiap halaman html selalu berada diantara dan , bagian antara dan adalah bagian header yang ga akan keliatan tapi bakal nentuin kelakuan halaman website kamu, sedang bagian antara dan adalah isi dari website kamu nantinya yang bakal ditampilin kalo halaman website itu dibuka. Kalo kamu copy-paste tag html diatas ke notepad, trus save as, misalnya file1.html maka kamu udah punya satu halaman website yang bisa kamu buka di browser kamu.
  3. Ada banyak tag html yang ngatur gimana kamu nampilin sebuah halaman web, tapi kamu perlu baca dan belajar lagi tentang itu. Disini kamu bakal dapet dasar-dasarnya aja, just to get by, biar kamu bisa mulai ngisi Blog kamu. Beberapa tag yang perlu kamu tau buat ngisi Blog di Blogger.com adalah:
  4. Bold tag, dan , apapun yang kamu tulis diantara tag ini bakal jadi bold. Jadi kalo kamu tulis Hallooo maka hasilnya jadi Hallooo.
  5. Italic tag, dan , apapun yang kamu tulis diantara tag ini bakal jadi italic. Jadi kalo kamu tulis Hallooo maka hasilnya akan jadi Hallooo.
  6. Link, ngelink ke website lain adalah sesuatu yang penting di Blog, karena Blog berasal dari Weblog yang mana, mulanya adalah tempat seorang surfer internet mencatat atau me-Log kemana aja dia pergi di Internet. Untuk ngebuat link ini tag-nya Link Gue. Tag ini akan dibaca jadi Link Gue, yang kalo kamu klik akan ngebawa kamu ke www.linkgue.com.
  7. Ketiga tag diatas tadi disediain otomatis ama Blogger.com, kalo kamu liat ke kanan atas, ada simbol-simbol bold, italic dan link yang bisa kamu pake. Kamu tinggal select kata yang mau kamu bold, italic atau link, dan tag htmlnya akan keluar sendiri.
  8. Tag lain yang kamu perluin juga adalah tag buat masukin gambar ke halaman website kamu. Buat masukin gambar tag-nya adalah nah tag ini akan masukin filegambar.jpgfilegambar.jpg kamu. Kalo kamu punya blog di blogspot ini kan ga mungkin, berarti file gambar kamu harus ditaro di server lain. Yang gratisan kamu bisa simpen di geocities, tripod, atau lycos etc. Nah buat ngambil dan nampilinnya gimana, kamu perlu tau alamat gambar yang udah kamu simpen tadi, kalo kamu udah bisa buka gambar yang kamu simpen itu di browser, coba kamu klik kanan trus liat "properties", ntar liat ke bagian "Address (URL)" nya, nah itu alamat gambar kamu, kamu bisa copy-paste tulisan itu, trus kamu masukin ke tag gambar, yang hasil akhirnya jadi ke website kamu. Kalo kamu nulis kayak diatas aja berarti file html kamu, perlu sama lokasinya dengan misalnya. Ini ga perlu gambar kamu doang, kamu juga bisa ambil gambar dari website orang, selama kamu tau alamat dari gambar itu.
  9. Ah pusing aahh ga ngerti! Hehe.. tenang, asal kamu isi blog kamu di Blogger.com aja, kamu udah punya blog kok. Oya ada cara gampang lain buat ngisi blog kamu sambil ga usah belajar HTML dulu, masuk ke wbloggar.com disitu kamu bisa download "w.bloggar", setelah di install, kamu bisa posting ke blog kamu pake w.bloggar itu, tampilannya kayak Microsoft Word kok, jadi lebih gampang, ikutin aja petunjuknya.
    BACK.......

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home