`

Saturday, May 19, 2007

Tahap III - Sekitar Blogger.com

Setelah kamu punya account di Blogger.com, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Salah satunya, dengan satu account itu kamu bisa punya beberapa Blog di Blogger.com, hal lainnya adalah setting-setting di Blogger.com, yang kamu perlu tau juga.

1. Tempat utama editing Blog kamu adalah di tampilan editor Blog seperti yang kamu liat dibawah ini, yang bisa kamu liat kalo kamu udah login di Blogger.com terus pilih blog kamu buat di edit.

2. Di bagian kiri atas ada beberapa pilihan yang bisa kamu liat adalah "Posts", "Settings", "Template", "Archive", dan "Team". Bagian "Posts" adalah yang sedang kamu liat sekarang, tiap kali kamu klik "Posts" ini, kamu akan dibawa ke tampilan yang ini lagi. Seperti udah pernah dibilang diatas, bagian "Posts" ini terdiri atas dua bagian besar. Bagian atas adalah halaman kosong tempat kamu nulis posting ke blog kamu yang baru, sedang bagian bawah adalah tempat dimana kamu bisa liat hasil posting kamu yang baru dan posting-posting kamu kemarin-kemarin yang sudah kamu post. Posting-posting kemarin-kemarin ini semua bisa diedit kembali dan bisa dihapus, caranya tinggal kamu klik tulisan "edit" dibawah tiap posting itu.

3. Di bagian kanan selain ada tombol buat bikin link, bold sama italic yang simbolnya sama ama di Microsoft Word ada juga tombol "Post" dan "Post & Publish" nah apa bedanya? Bedanya, kalo post kamu di "Post" doang, maka tulisan kamu baru bisa diliat tampilnya kayak apa dan muncul di bagian bawah dari tampilan editing itu, sedang kalo kamu klik "Post & Publish" posting kamu sekaligus juga ter-publish ke blog kamu yang ada di blogspot atau di tempat lain itu, bisa kamu liat hasilnya.

4. menu kanan atasOk, balik lagi ke tombol-tombol di kiri atas itu. "Posts" kamu udah tahu. "Settings"http://siganteng.blogspot.com trus kamu ga puas kamu pengen ganti jadi http://sigantengbanget.blogspot.com, nah disini tempatnya. :) adalah tempat kamu bisa ngerubah-rubah setting blog kamu yang kamu mau. Dalemnya dibagi tiga bagian "Basic" dimana kamu bisa ganti, "title" sama "description" blog kamu, kamu bisa tentuin blog kamu boleh diliat orang lain ga (public blog? yes or no). Di bagian ini kamu juga bisa ganti posting kamu bakal di publish ke blogspot atau kamu udah punya tempat gratisan lainnya. Kalo masih di blogspot, kamu bisa ganti alamat urlnya juga, misalnya asalnya
5. Bagian lain, masih di "Settings" adalah "formatting" disini kamu bisa ganti format penanggalan, urutan kronologisnya, yang paling baru dulu atau yang paling lama dulu paling atas? dan time zone kamu (buat time zone Jakarta yaitu GMT +7). Di bagian akhir di "Settings" ada bagian "archiving" disini bisa kamu tentuin arsip blog kamu bisa mingguan, bulanan atau ga di arsip sama sekali.
6. Kalo kamu sudah ga lagi publish ke blogspot, kamu bakal ditanya tentang FTP account kamu, di tempat gratisan yang sekarang kamu simpen blog kamu. Misalnya buat yang nyimpen blognya di Tripod.com, maka alamat ftp kamu adalah ftp.tripod.com. Kamu bakal ditanya alamat blog kamu disana, sama gimana login ke ftp itu, user name + password. Tapi yang terakhir ini kalo kamu ga mau isi gapapa juga, ntar tiap kamu publish, kamu bakal ditanyain user name + password-nya. Kamu juga perlu spesifikin nama file html buat blog dan archive kamu.
7. Tombol lainnya adalah "Template", kalo kamu klik kamu bisa dapetin kode html yang ngatur tampilan dan isi halaman blog kamu. Di halaman "Template" ini juga kamu bisa ganti template kamu yang sekarang kalo kamu ga suka, klik "choose a new template" di kanan atas nanti kamu bisa milih disitu template yang kamu suka, tapi hati-hati, kalo kamu milih yang baru, semua perubahan, misalnya nambahin link, di template yang sekarang bakal kehapus, dan bakal make default si template baru itu.
8. Di halaman "Archive" adalah tempat setting-an arsip blog kamu (posting-posting kamu yang udah lama bakal diarsipin). Karena kamu baru mulai berarti belum banyak arsip yang ada. Di sini kamu bisa atur buat misalnya nge-publish ulang arsip-arsip kamu (kalo kamu ganti template, hal ini perlu dikerjain), atau buat nentuin, blog kamu mau di arsipin, tiap minggu atau tiap bulan dan disini kamu juga bisa liat kode html halaman template archive kamu.
9. Di kiri atas itu ada juga tombol "Team", nah seperti namanya, ini ngatur "team" yang ngisi blog kamu itu. Mungkin sekarang kamu ngisi blog kamu itu sendirian, tapi kalo kamu pengen temen-temen kamu buat ngisi blog kamu itu, kamu bisa klik tombol itu dan di dalemnya ada tools buat nge-manage team kamu itu. Salah satunya, ada fasilitas inviter, buat ngasih tau temen kamu via email buat gabung dan ngisi blog kamu itu bareng-bareng.
10. Yang terakhir adalah "My Blogs", ini sebenernya bukan tombol, tapi kalo kamu nanti punya beberapa Blog, di sebelahnya ada pilihan Blog mana yang saat ini sedang kamu "urusin". Di pilihan ini ada juga pilihan buat bikin blog baru.
11. Ok, sebenernya kehidupan blogging kamu udah bisa survive sampe sini, tapi just in case kamu pengen bikin blog kamu lebih istimewa lagi, beda sama yang lain, kamu harus udah mulai belajar html dikit-dikit. Abis itu kamu cobain deh utak-utik template kamu di halaman template tadi. Buat mulai coba-coba, ganti warna, ganti font atau apa gitu, kamu bisa copy-paste kode html kamu ke notepad trus di save as file html, abis itu kamu bisa coba-coba jadinya. Buat ngedit-ngedit halaman html kamu bisa pake EditPad lite atau EditPlus, walo pake notepad juga bisa. Hasil coba-coba itu nanti bisa kamu copy-paste lagi ke halaman template kamu.
12. Beberapa hal yang ngemudahin kamu, kalo kamu pake template-nya Blogger.com, biasanya dia ngasih tanda-tanda di kode html kamu. Misalnya dia bakal naro tulisan , berarti disitu link-link navigasi di simpen, dan buat tempat isi blog kamu dia misalnya nulis:

13. Tanda antara maksudnya bahwa apapun yang ditulis diantara kedua tag tadi ga akan dibaca sama browser, jadi itu mekanisme nulis petunjuk atau komentar di kode html tapi biar ga dibaca browser
14. Struktur isi blog kamu sendiri sederhananya sih kayak gini:



<$BlogDateHeaderDate$>


<$BlogItemBody$>
posted by <$BlogItemAuthor$> on <$BlogItemDateTime$>




15. Blogger.com bakal nempatin posting-posting kamu diantara tag dan . Dibawah ini keterangan dari arti tag-tag utamanya Blogger.com
16. <$BlogItemBody$> adalah tempat dimana posting kamu bakal keluar, dan karena buat satu hari kamu bisa punya beberapa post, maka biar tiap hari masik berada dalam satu kelompok tanggal, makanya ada dan , diantara ini isinya cuma <$BlogDateHeaderDate$> dan , diantaranya kamu misalnya bisa bikin garis, jadi misahin antara satu post sama post yang lain yang masih dalam satu hari. Tapi kalo kamu ga mau pake juga gapapa. dan bakal diulang hanya kalo ganti tanggal. Sama dengan
17. Buat keterangan dari tag-tag utama Blogger.com lainnya bisa diliat daftar ini:

<$BlogDateHeaderDate$> : Penanggalan Blog
<$BlogItemBody$> : Post-post Blog kamu
<$BlogItemAuthor$> : Nama pembuat kamu, si pembuat post
<$BlogItemAuthorNickname$> : Nickname pembuat post
<$BlogItemAuthorEmail$> : Email pembuat post
<$BlogItemAuthorURL$> : Alamat website pembuat post
<$BlogItemDateTime$> : Waktu blog tersebut di post (formatnya bisa diganti di "Settings")
18. Kamu bisa edit-edit sendiri tag-tag antara dan diatas. Misalnya blog itu punya kamu sendiri, ga ada orang lain yang ngisi, mungkin kamu ngerasa berarti ga usah ditulis lagi dong siapa penulisnya tiap-tiap posting, berarti <$BlogItemAuthor$>, bisa kamu hapus. Hal-hal kayak gitu lah.
19. Buat di Blogger.com-nya sendiri rasanya udah selesai, kamu harusnya sekarang udah cukup mahir buat ngutak-ngatik setting-an blog kamu. Tahap selanjutnya? Lebih banyak lagi asesoris dan pelengkap buat blog kamu. :)

BACK.....

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home