`

Saturday, May 19, 2007

Tahap IV - Isi Blog-nya apa?

Tahap V - Isi Blog-nya apa?

Ok, kamu udah punya Blog, dan ga sekedar Blog aja, Blog kamu udah siap ama peralatan yang ngebuat Blog kamu lebih interaktif lagi dan menarik buat yang baca, pertanyaan berikutnya sekarang Blog-nya harus diisi apa?

Jawaban buat pertanyaan ini sebenernya "terserah". Iya terserah aja, ga ada keharusan atau panduan atau mana yang bener dan yang salah soal isi Blog kamu. Kamu mau isi apaaa aja. Bebas. Kamu mau jadiin Blog kamu catatan harian, tempat curhat, tempat maki-maki, tempat kamu nyimpen resume, nunjukkin kejagoanan kalo dalam sebuah bidang, pake nama palsu, apa aja bebas. Ga ada yang larang, after all it is your Blog isn't it? :) Tapi kalo kamu bener-bener bingung, di bawah ini ada beberapa saran untuk memulai.

1. Pertama rasanya kamu butuh tema yang ngebungkus Blog kamu itu. Coba pikir-pikir ada temanya ga? Mungkin kamu mau Blog ini ngebahas soal musik, atau olahraga, atau tentang gosip, atau sinetron indonesia, politik, ekonomi atau apa gitu. Hehe.. Atau tema favorit yang dipakai oleh banyak Blogger, tema-nya adalah diri kamu sendiri. Blog kamu jadi kepanjangan identitas kamu sendiri, jendela ke pikiran kamu, apa yang kamu suka, apa yang kamu ga suka, apa yang kamu rasa dll. Buat yang satu ini akan ngebantu kalo kamu orangnya jujur ama diri sendiri, rada-rada exhibitionist :) dan cueks. Kamu ga masalah orang yang kamu ga kenal tau tentang idup kamu. Jadi tips-nya cuek aja, writes whatever you feel like it, anyway you want it. Mau bahasa inggris, indonesia, jawa, sunda hehe.. whatever, man.
2. Satu hal yang perlu diinget, Blog (kependekan dari WebLog) dalam bentuknya alamiahnya adalah catatan perjalanan atau Log di Web. Karena itu Blog atau Weblog "biasanya" berisikan link-link ke website, artikel, games, quiz atau apa aja di Internet yang menarik buat si Bloggernya yang kemudian di-link di Blognya dan biasanya disertai komentar Bloggernya. It's okay, kalo isi Blog kamu adalah diary kamu doang tanpa ada link kemana-mana kecuali Blog-Blog temen-temen kamu yang kamu mentioned di diary kamu tadi, hanya aja, buat jaga-jaga siapa tau kamu juga pengen ngisi Blog kamu ama link-link ke apa-apa yang lagi "HOT" di Internet maka ada beberapa website yang bisa jadi tempat kamu mulai.
3. Daypop, adalah tempat awal mulai yang cukup "kaya" ama hal-hal baru di Internet yang bisa kamu coba. Daypop sebenernya adalah search engine Blog, artinya dia nge-search sebuah keyword tapi cuma di Blog-Blog aja atau di berita-berita yang di-link oleh Blogger. Yang perlu dikunjungin adalah Daypop Top 40 yang mana adalah daftar 40 hal-hal yang paling banyak di-link oleh Blogger seluruh dunia yang isinya secara dinamis berganti terus dalam itungan menit. Dengan cara ini kamu jadi tau apaan yang lagi banyak (lagi rame) di link ama para Bloggers setiap harinya.
4. Blogdex, Blogdex, atau Blog Index, layanan yang asalnya adalah project yang dibuat sama Lab Media-nya MIT kurang lebih sama dengan Daypop, dia juga ngebuat daftar apa-apa aja link populer yang di muat oleh para Blogger di Blog-Blog mereka. Biasanya banyak isinya yang sama dengan Daypop Top 40, tapi kadang-kadang ada yang bedanya juga.
5. Yang terakhir, MetaFilter atau biasa disingkat MeFi. Metafilter bisa didefinisikan sebagai Blog komunitas dimana isinya adalah link-link ke macam-macam tempat menarik yang ditemukan oleh ribuan anggotanya. Setiap harinya kamu bisa nemuin lebih dari 10 link ke hal-hal yang dianggap menarik oleh penulisnya. Jangan lupain buat baca-baca komentar-komentar dari setiap link itu juga, karena bagian menariknya justru disitu, diskusi yang terjadi bisa jadi witty, sarcastic dan sering kali juga informatif, karena orang nambahin link lain disitu.
tampilan MetaFilter.com

Ocreh deh, inget yang paling penting adalah, bahwa kamu ngisi Blog kamu secara rutin, makin sering kamu isi, makin sering juga kamu bisa latihan ngisinya. Blog yang ditinggalin pemiliknya, misalnya lama ga di-update, biasanya ditinggalin sama pembaca-pembacanya. Makin lama kamu tinggalin biasanya kamu juga makin males untuk mulai ngisinya lagi. Anyway, rasanya kamu udah cukup punya amunisi nih buat mulai ngisi Blog kamu. :) Sip, mulai diisi ya! :D

BACK......

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home