`

Saturday, May 19, 2007

Tahap V - Komunitas Blogger

Tahap VI - Komunitas Blogger

Sekarang kamu udah di tahap akhir ngebangun Blog kamu. Kamu udah punya Blog kamu, udah tau cara nge-configure-nya, udah tau isinya. Apa lagi? Hmm sekarang Blog kamu perlu tahu caranya "bergaul" ama sesama Blogger :D.

Kamu mungkin nanya, apa gunanya bergaul dengan Blog-Blog lain? Hmm ada beberapa jawaban buat pertanyaan ini. Yang pertama, sebagai media yang masih muda, Blog dan Blogger rasanya masing-masing perlu dukungan sesamanya buat makin kuat dan nge-eksis-in dirinya, terutama di lingkungan yang belum terlalu familiar sama Blog itu sendiri kayak di Indonesia untuk nyoba nerangin apa konsepnya, kelebihan-kelebihannya . Dengan adanya komunitas, apa-apa yang perlu dilakukan Blogger secara sama-sama kan lebih gampang dikoordinir.

Kedua, komunitas Blogger, ngemudahin kamu untuk dapet info baru dan minta tolong, kalo kamu butuh bantuan. Siapa tau ada Blogger yang suka sama isi Blog kamu terus dia nawarin buat ngedesainin Blog kamu atau nawarin hostingan gratis? Lumayan kan :D. Trus kalo kamu ada kesulitan-kesulitan yang kamu ga ngerti sama Blog kamu, tulisannya ga keluar, arsip-nya ilang atau apa, kamu bisa nanya ama komunitas kamu.

Ketiga, kamu jadi nambah temen dengan bergaul di komunitas Blogger, dan pengunjung Blog kamu bisa jadi nambah banyak. Temen-temen kamu di komunitas itu kan ntar pada pengen tahu Blog kamu tuh kayak apa, apa aja yang kamu kerjain, apa aja yang kamu tulis di Blog kamu. Otomatis dong, pengunjung Blog kamu jadi tambah banyak yang hasil akhirnya, kamu jadi makin rajin ngisi Blog kamu, karena kamu ga pengen ngecewain temen-temen kamu tadi.

Ada beberapa komunitas Blogger Indonesia saat ini, sebagian besar selain berkomunikasi di Blog, mereka berkomunikasi di media lain seperti mailing list dan IRC. Ada dua mailing list Blogger Indonesia yaitu Bloggerian (53 member) dan Blogbugs (77 member), kamu bisa gabung di dua-duanya. Trus di IRC ada 3 channel Bloggers, tiga-tiganya di dalnet, yaitu #Blogger, #Bloggerian dan #Bloggerz.

Website yang ngemuat daftar Blogger Indonesia pertama adalah indo.blogs sekarang ada sekitar 80-an Blog Indonesia yang kedaftar disitu, daftar Blog lainnya bisa diliat di Blog-nya Udhien, bagian yang namanya BlogBuggerz yang memuat 91 website. Daftar Blog indo lainnya adalah Direktori Weblog Indonesia, sedang Blog komunitas pertama Indonesia adalah MSN.or.id yang sayangnya beberapa bulan terakhir ini tidak lagi seaktif dulu.

Buat mulai bergaul, kunjungin Blog-Blog diatas, notices Blog-Blog yang kamu suka, desainnya atau isinya atau warnanya :). Isi komen-komen, tag-board atau guestbook yang disediakan oleh pemiliknya, komen atau guestbook biasanya menyediakan link yang bisa kamu isi. Jangan sungkan isi dengan alamat Blog kamu, karena biasanya Blogger senang melihat Blog baru dan berkenalan dengan mereka yang telah mengisi guestbook atau memberi komen di Blog mereka, apalagi yang isinya pujian :). Pasang alamat Blog kamu di "signature" email kamu, jadi tiap kali kamu ngirim email, kamu juga promosiin Blog kamu biar orang pada datang. Tunjukkin kalo kamu punya Blog dan proud of it. :)

Trus kalo kamu mau, kamu juga tentu aja bisa bergabung di mailing list-nya para Blogger tadi buat bergaul lebih akrab lagi, atau chatting di channel-channel Blogger. Kamu bisa mengharap buat ketemuan langsung dengan para Blogger ini dalam gathering-gatheringKONFERENSI yang suka diadakan. Blogbugs Jakarta telah tiga kali melakukan gathering hingga saat ini, dan naga-naganya akan lebih banyak lagi dalam masa-masa yang akan datang. Bloggers Yogyakarta juga telah berhasil mengadakan gathering pertama, dan mungkin suatu hari nanti, Bloggers bisa mengadakan

< href="http://cucumherlina.blogspot.com/2007/04/hidup_9371.html">BACK.....

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home